Sabtu, 04 Juli 2020

Istana Topkapi, Kediaman Sultan Ottoman Turki

Mengunjungi area Sultanahmet yang menjadi icon wisata Turki maka tak akan lengkap tanpa mengunjungi Istana Topkapi atau Topkapi Sarayi yang terletak sekomplek dengan Blue Mosque dan Hagia Sophia.

Dibangun pada tahun 1453 oleh Sultan Mehmed II setelah menaklukan Bizantium Konstantinopel dari Kekaisaran Romawi, Istana ini terdiri dari empat lapangan besar dan ratusan bangunan di dalamnya.

Tempat ini selain menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya juga merupakan pusat pemerintahan puluhan Sultan setelahnya. Konon ribuan orang menempati Istana ini, bahkan dapurnya saja terdapat 800 koki yang setiap harinya menyiapkan 4.000 porsi makanan untuk orang dalam Istana maupun fakir miskin yang ada di Istanbul.

Pintu masuk Istana seluas 700.000 M2 ini sejatinya adalah pintu masuk benteng. Setelah melewati pemeriksaan kita disambut lapangan yang luas dan bangunan di kanan kirinya. Ada gedung pertemuan pemerintahan, rumah anak istri dan kerabat istana, dapur umum, masjid, madrasah, dll. Bangunan satu sama lain dipisahkan oleh taman yang kalau musim semi pasti penuh dengan aneka warna bunga yang mempesona.

Yang menarik di sini adalah salah satu bangunan musium tempat penyimpanan barang-barang bersejarah yang ada di pavilliun deretan bangunan sebelah kiri. Ya karena di sini tersimpan barang peninggalan Nabi Muhammad SAW seperti foot print, pedang, janggut, gigi (yang tanggal saat perang Uhud), busur panah, stempel, dll. Selain itu juga ada pedang milik keempat sahabat nabi, jubah Fatimah, kunci Ka'bah, cover Hajar Aswad, tangan nabi Yahya, sorban Nabi Ibrahim, tongkat Nabi Musa, dll.

Ayat suci Al Qur'an berkumandang selama kita keliling dalam musium ini. Konon dahulu di ruangan itu ada Qari yang membaca Alqur'an secara bergantian selama 24 jam tanpa henti. Sayangnya kita tidak boleh memotret di ruangan ini.  Tapi tak apa, melihat peninggalannya saja hati ini sudah cukup meleleh dibuatnya.

Di bagian belakang bisa kita temui taman dan tempat bersantai Sultan dan keluarganya dengan view Selat Bosphorus. Cantik sekali. Ah, jadi membayangkan bagaimana nyamannya tinggal di Istana yang luas, indah dan megah itu. Ngimpi

#JalanJalanTurki
#IstanaTopkapi
#Istanbul

Dinding benteng Istana

Bunga musim dingin di halaman

Pintu masuk ke tempat bercengkerama


Kran cuci tangan saja cantiknya begini

Pepohonan yang tengah meranggas

Selat Bosphorus
 
Gerbang Istana yang iconik


Pintu masuk

Bangunan bekas gereja

Pintu masuk museum
 
Saung bersantai

Singgasana

Bangunan tempat bercengkerama

Menikmati view di Selat


2 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  2. Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 9 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com)
    silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda...
    WA +855 96 4967353 🤗🤗🤗

    BalasHapus