Kamis, 23 Agustus 2018

Tips Transportasi Irit di Jepang

Foto di samping Shinkansen. Naik? Kagak.
Jepang identik dengan mahal? Iya memang betul karena harga-harga di sana paling tidak 5x lipat dibandingkan harga di Indonesia. Tapi tak perlu khawatir karena kalau kita tahu tips dan triknya maka hal itu tidak akan jadi masalah. Caranya bagaimana?

Untuk transportasi sebaiknya beli tiket pass. Ada macam-macam tiket pass yang ditawarkan seperti JR Pass yang selain mengcover tiket kereta JR juga bisa untuk naik Shinkansen, ada Metro Pass untuk kereta bawah tanah, dll.

Karena kemarin aku cuma muter-muter sekitar Nikko, Kawaguchiko dan Tokyo maka sayang kalau harus beli JR pass yang harganya lebih dari Rp 3,5 juta. Lha wong harga tiket pesawatnya saja PP cuma Rp 3 juta je.  Ga papa deh tidak merasakan naik Shinkansen, bisa foto di dekatnya saja aku sudah bahagia. Haha.. Jadi untuk transportasi aku pakai sbb :

1. Pasmo
Ini adalah kartu semacam e-money yang bisa digunakan untuk naik kereta, bus, belanja di minimart, dll. Harganya 3000 Yen dimana 500 Yen nya adalah deposit yang bisa diambil kembali dan 2500 Yen merupakan saldonya.

Pasmo dan Tokyo Subway Pass

2. Tokyo Subway Pass
Kartu ini bisa digunakan untuk naik subway yang dioperasikan oleh Tokyo Metro dan Toei. Harganya 800 Yen berlaku selama 24 jam sejak pertama kali digunakan. Jadi meskipun aku belinya pada tanggal 2 Agustus tapi baru aku pakai pada tanggal 6 Agustus. Kedua pass ini (Pasmo dan Tokyo Subway) dapat dibeli di Tourist Information yang ada di gate kedatangan Bandara Haneda. Pass ini akan sangat berguna terutama kalau kita nyasar salah jurusan ga perlu beli tiket lagi untuk kembali ke jalan yang benar.



3. Nikko Pass
Tiket seharga 2000 Yen ini berlaku untuk naik kereta lokal dari Asakusa Station ke Tobu Nikko Station PP dan bus lokal Nikko yang melintasi area World Heritage (seputar 3 Temple besar). Kalau kita mau ngeteng, tiket kereta ke Nikko sekali jalan saja paling murah seharga 1360 Yen atau 2720 Yen belum termasuk bus lokal di Nikko. Kalau mau naik kereta Express jauh lebih mahal lagi sekitar 2500 Yen sekali jalan. Karena waktu tempuhnya hanya selisih sekitar 30 menit, sebagai warga backpacker yang baik ya jelas pilih yang Murmer saja. Hehehe.. Pass ini bisa dibeli secara online dan nanti bisa ditukar voucher di Tobu Tourist Information Center di lantai 1 Asakusa Station. Oiya Pass ini tidak bisa dipakai di mesin tiket, cukup ditunjukkan ke petugas atau driver bus saat naik atau turun.

Tempat penukaran Nikko Pass


Stasiun Tobu Nikko

Nikko Pass

4. Highway Bus
Untuk ke Kawaguchiko tiket ini yang paling murah dibandingkan naik kereta atau yang lain. Harganya 1800 Yen sekali jalan. Karena saat itu pas ada Festival di Kawaguchiko, maka aku beli online sejak jauh hari karena khawatir tak kebagian tiket. Saat beli kita bisa sekalian pilih tempat duduk dan disediakan seat khusus untuk wanita lho. Perjalanan berangkat dari Shibuya Mark City lantai 5 dan berakhir di Kawaguchiko Station ditempuh antara 2,5 sd 3 jam.

Menunggu Highway Bus

Interior Highway Bus. Seat 2-2, ada toiletnya

5. Retro Pass
Kalau yang ini adalah Pass untuk muter-muter selama di Kawaguchiko seharga 1500 Yen dan berlaku selama 2 hari. Tiket bisa dibeli di loket Sightseeing bus Counter yang terletak di depan Kawaguchiko Station serta bisa digunakan untuk Red, Green dan Blue Line Bus. Kalau ngeteng sekali perjalanan ke satu tujuan wisata (tempat wisata di sini banyak banget) tiketnya antara 200 - 800 Yen. Jangan lupa tunjukkan Pass ini ke drivernya saat akan turun agar tidak disuruh bayar cash.



Stasiun Kawaguchiko


Tempat pembelian Retro Pass


Penampakan Bus Green Line
Dah itu saja tipsnya. Jadi tenang saja kantong kita ga bakalan jebol kok meski jalan-jalan di negara yang berbiaya hidup mahal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar