Senin, 10 Desember 2012

Rumah Semut Raksasa Ini Hanya Ada di Papua

Tingginya hampir menyentuh kabel listrik

Jika selama ini aku hanya tahu sarang semut asal Papua yang  bentuknya seperti umbi dan katanya bermanfaat ampuh sebagai obat berbagai penyakit, ternyata di sana ada sarang semut yang berbeda yang ukurannya luar biasa besar buat ukuran makhluk yang kecil mungil ini.

Aku menemukan rumah semut raksasa ini saat tengah melakukan perjalanan ke ujung timur Indonesia, Merauke. Untuk melihatnya, yang paling mudah adalah dengan menuju ke arah timur, yaitu ke Tugu Perbatasan Sota yang merupakan batas negara dengan Papua Nugini.

Dari kota Merauke, perlu waktu sekitar 45 menit saja atau kira-kira 60 km jaraknya. Di sepanjang perjalanan menyusuri hutan, di kanan kiri jalan rumah-rumah semut berukuran kecil setengah meteran sudah banyak kita jumpai. Tapi yang paling besar ya yang ada di Taman Sota ini yang mempunyai tinggi tiga meteran. Sayangnya rumah semut yang di sini sudah tidak alami lagi dan sepertinya puncaknya sudah patah.

Nah, jika mau lihat yang aslinya, di Distrik Salor tempatnya. Sayangnya lokasi ini sulit ditempuh karena jalannya yang rusak parah dan ditambah harus menyeberangi sungai tanpa jembatan, maka satu-satunya cara yang paling mudah adalah dengan bersepeda motor. Itupun bukan motor biasa, karena motor bebek atau sejenisnya bakalan tak mampu menaklukan jalan yang banyak berlobang menganga.Ya, kita harus naik motor trail atau motor laki-laki yang sudah dimodifikasi dan jangan lupa gunakan sepatu booth agar cipratan air dari kubangan di jalanan tidak mengotori kita. Perlu waktu sekitar dua jam perjalanan dari Merauke untuk menjangkaunya. Seru kan?

Eh, tapi perjalanan ini aku lakukan dua tahun yang lalu. Jadi semoga sekarang jalannya sudah diperbaiki dan jembatan yang waktu itu mangkrak sudah selesai dikerjakan sehingga transportasi menjadi mudah dan tidak membuat orang sengsara.

Kelelahan selama perjalanan terbayar begitu terlihat gugusan rumah semut seperti candi tersebar di tanah lapang. Yang paling tinggi ukurannya kira-kira empat meter, menjulang hampir menyentuh kabel listrik yang di atasnya. Rumah semut ini bentuknya berlubang-lubang kecil seperti rumah rayap. Entah bagaimana caranya dan berapa lama binatang kecil berwarna coklat kemerahan dan berukuran lebih kecil dari semut rangrang ini membuat tempat berlindungnya.

Ah, Papua... Pesonamu memang tiada habisnya.


Antri menyeberang sungai

Motor bebekpun terperosok di jalan rusak

Gugusan rumah semut

Dari dekat berlobang-lobang seperti rumah rayap

Rumah Semut di Perbatasan Sota sudah patah puncaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar