Sabtu, 16 Mei 2020

Blue Mosque Yang Tidak Blue

Perancis identik dengan Menara Eiffel, Singapura dengan Merlion, Malaysia dengan Petronas, Amerika dengan patung Liberty, maka Turki identik dengan Blue Mosque. Maka jadi berasa belum ke Turki kalau belum berkunjung ke sini.

Terletak di kawasan paling tua di Istanbul , Masjid yang oleh orang Turki disebut Sultanahmed Camii ini berada satu komplek dengan Hagia Sophia dan Istana Topkapi. Masjid ini dibangun pada tahun 1609
sd. 1616 oleh Sultan Ahmed I. Disebut sebagai Blue Mosque karena konon interiornya berwarna biru. Tapi pas masuk ke dalamnya sudah tidak terlihat lagi ada warna biru yang dominan.

Sebagai salah satu tujuan wisata, dalam kondisi normal masjid ini tak pernah sepi dari pengunjung yang akan menunaikan sholat maupun wisatawan yang ingin melihat-lihat kemegahan masjid. Seperti halnya tempat suci, bagi yang ingin masuk diwajibkan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Pas sholat Maghrib aku bertemu dengan seorang pengungsi dari Suriah yang menawarkan dagangannya. Akhirnya aku beli kaos kaki wool dan syal yang kebetulan aku butuhkan. Ndilalahnya kok aku ga bawa sehingga sangat bermanfaat di suhu dingin di bawah nol derajat.


Kawasan wisata ini paling mudah dijangkau dan dicari karena dari New Airport Istanbul kita cukup naik bus Bandara Havaist (IST 20)  dengan tarif 18TL dan pemberhentian terakhirnya ada di Sultanahmed ini. Lebih enak lagi di sekitarnya banyak penginapan murah dan sangat dekat dengan stasiun Tram. Asyik kan?

#JalanJalanTurki
#MbolangTurki
#Istanbul
#BlueMosque
#Sultanahmed

Sultanahmed Station

Syal hitam dari pengungsi Suriah yang nempel terus



Interior Blue Mosque


Gerbang Arasta Bazaar

Bus Bandara

Kala malam tiba

Kala cuaca cerah

Hop on hop off bus di depan masjid

Bertemu sister dari Suriah



2 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  2. Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 9 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com)
    silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda...
    WA +855 96 4967353 🤗🤗🤗

    BalasHapus