Jumat, 05 Oktober 2018

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kena Random Check?


Baru saja mangap mau ngemplok sisa Kebab yang siangnya dibeli di Shibuya, mendadak didatangi dua orang berseragam celana biru dongker dan atasan putih bergaris biru. Salah satunya sambil mengucapkan salam menunjukkan lencana polisi kaya di film Chips itu. Mak deg. Wah random check nih. Sering baca di group Backpacker banyak yang terkena check dan akhirnya dideportasi karena beberapa alasan. Perlahan ku kuasai diri buat apa takut kalau aku ga melakukan kesalahan?

Satu petugas dengan ramah ngajak ngobrol nanyain ngapain aku ke Jepang, kemana saja, hal menarik apa yang ditemui di sini, susah ga cari makanan halal, dll. Sementara petugas satunya lagi meminta ijin meminjam pasporku dan kemudian mencatat data yang ada di dalamnya. Sambil menunggu petugas ini mencatat, yang satunya lagi kemudian cerita kalau dia tahun lalu pernah ke Jakarta dan mengunjungi sebuah masjid yang sangat besar yang letaknya di depan gereja Katedral. Oooo.. itu namanya masjid Istiqlal mas. Trus dia nanya, kenapa tertarik ke Jepang? Ya aku jawab aja karena dulu terinspirasi sama film Oshin dan melihat kayanya Jepang asyik banget.

Di akhir obrolan (sebenarnya interview kali ya) dia memberikan buku Tokyo Muslim Travelers Guide buatku dan sambil senyum manis dia mengucapkan salam. Lha udah mau pulang kok baru dikasih buku panduan. Semoga ini adalah doa dan harapan kalau aku akan kembali lagi ke sini. Emang iya sih, masih banyak tempat  yang belum ku datangi. Ok mas, makasih ya.. Orang-orang Jepang pada baik-baik kok seperti masnya.

Pas lagi baca buku panduan tiba-tiba datanglah seorang pria imut menghampiriku dan kemudian menanyakan apakah aku bersedia untuk mengisi kuisioner. Ternyata masnya adalah petugas dari Departemen Pariwisata yang sedang melakukan survey untuk meningkatkan layanannya bagi wisatawan. Aduh, jadi berasa kaya artis deh banyak yang memintaku interview. Apa karena wajahku ini  semurvey ya?

Habis ngisi kuisioner gantian masnya aku kerjain tak ajak selfi. Habisnya tadi mau ngajak selfi mas Polisi ga berani sih. Pas aku pasang tongsis dia bilang gini, tapi wajahku ga fotogenik lho. Ah, masnya merendah deh. Ceklik..!

Jadi pointnya adalah saat kita kena random check agar tetap tenang, kendalikan diri jangan gugup dan grogi, jawab semua pertanyaan dengan jujur dan siapkan semua dokumen yang diperlukan. Gampang kan?

#Japan
#RandomCheck
#JapanSoloTravel

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus